Senin, 11 Februari 2013

Panda Merah Yang Unik

Ada gak nih dari temen temen yang tau mengenai Panda Merah ? Kalau ada yang belum tau, Let's Read!:) 

Panda Merah atau dalam nama ilmiahnya Ailurus fulgens adalah sejenis binatang menyusui di dalam ordo Karnivora. Sesuai namanya, Panda Merah memiliki bulu tebal berwarna merah kecoklatan dan berkaki hitam. Mukanya berbentuk bulat berwarna putih dengan garis merah kecoklatan dari mata ke mulutnya. Buntutnya panjang dengan duabelas cincin merah dan coklat-muda berselang-seling. Tapak kakinya ditutupi oleh bulu berwarna putih, yang berguna untuk menjaga kehangatan tubuh serta untuk berjalan di atas permukaan salju atau es.

Daerah sebaran Panda Merah adalah di Asia tengah. Spesies ini ditemukan di hutan pegunungan Himalaya, Cina, India, Laos, Myanmar, dan Nepal.

Panda Merah aktif pada waktu pagi dan senja. Di siang hari, mereka tidur dan beristirahat di dahan pohon. Walaupun memiliki sistem pencernaan hewan Karnivora, Panda Merah memiliki kebiasaan seperti hewan herbivora. Makanan utamanya adalah bambu, dan termasuk aneka buah, akar-akaran, rumput, beri dan tumbuh-tumbuhan lainnya. Untuk tambahan gizi, Panda Merah juga memakan telur, anak burung, serangga dan hewan-hewan kecil.

Panda Merah betina biasanya melahirkan dua ekor anak panda. Anak-anak panda ini buta waktu dilahirkan, dan mulai dapat melihat setelah berumur tiga minggu. Jantan dewasa tidak berperan dalam membesarkan anak panda. Panda Merah jantan adalah hewan teritorial, mereka menandai daerahnya dengan menggesekan kantung hormon mereka di benda-benda yang terdapat di alam liar.

Berdasarkan dari hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut untuk perdagangan dan untuk diambil bulunya, serta daerah dan populasi dimana spesies ini ditemukan terbatas, Panda Merah dievaluasikan sebagai Terancam Punah.

                                                  Panda Merah yang sedang memakan sayuran

                                                    Panda Merah yang sedang beristirahat

                                           Panda Merah yang sedang bermain di batang pohon
                                                   .Panda Merah yang sedang beristirahat

Udah pada tau kan salah satu kebiasan Panda Merah ini, gimana ? Unik bukan ? Bulu nya saja udah sangat menggemaskan:)

0 komentar:

Posting Komentar